Perawatan Bagi Penderita Degenerasi Makula

Terkena degenerasi makula bukanlah hal yang mudah untuk menjalani kehidupan sehari-hari penderitanya, untuk itu sangat penting memiliki memiliki keinginan untuk sembuh dari penyakit ini. Berikut ini Perawatan Bagi Penderita Degenerasi Makula  yang perlu anda terapkan dirumah.Perawatan Bagi Penderita Degenerasi MakulaDegenerasi makula atau age-related macular degeneration (AMD/ARMD) adalah penurunan penglihatan pusat, yaitu kemampuan Anda memandang lurus ke depan. Makula adalah suatu area kecil di tengah lapisan bagian dalam retina mata dengan jumlah sel batang dan kerucut terbanyak.

Area ini berperan penting bagi manusia untuk bisa melihat dengan baik di kala terang maupun gelap. Penglihatan sisi (peripheral vision) tidak memiliki jumlah sel yang sama dengan makula sehingga menghasilkan penglihatan yang tidak fokus atau tidak tajam.

Makula membantu manusia lebih mandiri dan waspada terhadap benda atau keadaan di sekitar diri sendiri. Kondisi ini memengaruhi kemampuan membaca, menyetir, menulis, atau mengenali wajah seseorang, namun tidak berpengaruh kepada penglihatan sisi atau sekeliling. Selanjutnya, kondisi ini tetap berkembang secara bertahap tergantung kepada tingkat keparahannya.

Degenerasi makula merupakan penyebab gangguan penglihatan paling umum di negara-negara maju. Di asia sendiri, sekitar 6 dari 100 orang ditemukan menderita degenerasi makula.

Penyebab Degenerasi Makula

Penyebab degenerasi makula belum diketahui dengan pasti namun gejala-gejalanya selalu berkembang seraya usia bertambah.

Ada dua jenis utama degenerasi makula (AMD) dengan penyebab yang berbeda, yaitu degenerasi makula basah dan kering. AMD kering adalah jenis paling sering ditemui dan kemungkinan baru terdeteksi ketika penderita melakukan pemeriksaan mata. Namun, meskipun menyebabkan kondisi yang lebih parahb, AMD basah lebih bisa di tangani.

  • Degenerasi makula kering/ AMD kering.

AMD kering diawali dengan munculnya penumpukan zat sisa di bawah retina yang disebut drusen. Penumpukan drusen yang semakin banyak akan berpengaruh pada penglihatan. Pada tahap lanjut, hal ini dapat menyebabkan degenerasi dan menipisnya sel yang berada di lapisan bagian luar retina (retinal pigment epithelium/RPE). RPE adalah sel yang menutrisi dan menjaga sel batang dan kerucut di lapisan bagian dalam retina.

  • Degenersi makula basah/AMD basah.

Selain disebabkan oleh menurunnya kondisi RPE, kondisi ini juga disebabkan oleh tumbuhnya pembuluh darah baru yang rapuh dari pembuluh darah kecil yang terdapat di belakang lapisan makula. Pembuluh darah yang rapuh ini cenderung mudah bocor dan mengeluarkan darah dan cairan yang dapat merusak sel batang dan kerucut, serta menyebabkan jaringan parut di makula,

AMD basah dapat mengganggu penglihatan pusat dalam waktu yang lebih cepat dari AMD kering, yaitu dalam kurun waktu minggu hingga bulan. Bahkan jika terjadi pendarahan, penglihatan dapat hilang secara tiba-tiba dalam hitungan jam atau hari saja.

Selain itu, faktor risiko lain yang bisa memicu perkembangan degenerasi makula, antara lain :

  • Etnis Kaukasia (kulit putih)
  • Perokok berat
  • Penderita obesitas
  • Penderita penyakit jantung
  • Penderita tekanan darah tinggi
  • Memiliki anggota keluarga penderita AMD
  • Sinar ultraviolet A dan B yang berasal dari matahari

Gejala Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah penyakit progresif yang kondisinya akan memburuk seiring waktu meski penderita cenderung tidak merasakan sakit. Gejala AMD akan lebih mudah diketahui jika penyakit ini telah menyerang kedua mata. AMD yang menyerang satu mata tidak mudah dirasakan karena masih terbantu oleh mata lain yang normal.

Gejala awal AMD yang utama adalah memburuknya penglihatan pusat walau telah menggunakan kacamata. Penderita juga merasa kesulitan ketika mengenali tulisan, gambar, wajah dan ekspresi wajah orang lain.

AMD kering membutuhkan waktu 5-10 tahun sebelum mencapai tingkatan parah, sementara penderita AMD basah dapat kehilangan penglihatannya lebih cepat. Selain gejala awal, gejala yang mungkin dialami oleh penderita AMD kering adalah :

  • Warna terlihat kurang cerah.
  • Kesulitan beradaptasi dengan cahaya yang redup.
  • Penglihatan yang samar atau tidak jelas.

Sementara penderita AMD basah mungkin akan mengalami gejala tambahan berikut :

  • Adanya titik buta (blind spot) pada bidang penglihatan yang akan bertambah luas seiring bertambahnya sel-sel makula yang berdegenerasi.
  • Halusinasi visual pada penderita AMD yang parah, yaitu ketika penderita melihat gambar yang berbeda mulai dari gambar yang sederhana hingga yang rumit, umumnya gambar anak-anak dan binatang.
  • Distorsi visual garis (Garis lurus akan terlihat bergelombang)

Perawatan Bagi Penderita Degenerasi Makula

Melakukan perawatan yang baik ketika berada dirumah merupakan hal yang sangat diperlukan. Berikut merupakan bentuk-bentuk dari gaya hidup sehat dan pengobatan tempat tinggal yang dapat membantu Anda menghadapi degenerasi makula :

  • Makan lebih banyak buah-buahan, sayuran, ikan, dan menghindari makanan tinggi lemak.
  • Berhenti merokok atau hindari lingkungan berasap
  • Lakukan pemeriksaan mata berkala dan ikuti petunjuk dokter
  • Membaca atau melakukan hal-hal yang membutuhkan ketajaman mata hanya jika ada cahaya yang cukup.

Beberapa tips berikut bisa dilakukan oleh penderita AMD untuk menyesuaikan diri dan lingkungan sekitar dengan perubahan kondisi penglihatan yang dialaminya.

  • Gunakan kaca pembesar.
  • Gunakan alat bantu baca elektronik yang memiliki sistem suara.
  • Ubah tampilan dan setelan pada komputer, misalnya dengan menambahkan sistem suara dan atur layar dengan kontras yang lebih besar atau mengubah ukuran huruf.
  • Pilih lampu yang lebih terang.
  • Gunakan perkakas yang khusus dibuat untuk orang yang memiliki gangguan penglihatan, misalnya jam yang mengeluarkan suara.
  • Jangan menyetir kendaraan sendiri, baiknya gunakan angkutan umum atau meminta bantuan anggota keluarga untuk beraktivitas sehari-hari bagi penderita AMD.
  • Apabila terbiasa membaca, lebih baik membeli buku dengan tampilan huruf atau angkat yang lebih besar.

Nah itulah perawatan yang perlu anda lakukan agar cepat sembuh dari penyakit degenerasi makula ini, disisi lain melakukan perawatan alangkah baiknya dibarengi dengan mengkonsumsi Obat Degenerasi Makula tradisional yakni Sehat Mata Softgel yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa bahan kimia sedikitpun.

Ingin Tau Lebih Lanjut Mengenai Sehat Mata Softgel ? KLIK DISINI

Jangan sampai anda mengabaikan informasi pengobatan ini agar tidak menyesal di kemudian hari karena Obat Tradisional ini tidak ada bandingannya dengan obat mata manapun. BARANG ORIGINAL HANYA TERSEDIA DI TEMPAT KAMI.

Terimakasih telah menyimak artikel mengenai Perawatan Bagi Penderita Degenerasi Makula, semoga bermanfaat dan menjadi jalan kesembuhan bagi anda.

Post by :

Obat Degenerasi Makula

1 Trackback / Pingback

  1. Penyebab Degenerasi Makula Yang Perlu Anda Hindari

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*