Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Katarak

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Katarak ,- Setelah melakukan operasi tentu saja anda tidak akan bisa melakukan semua aktivitas dengan normal. Bukan tanpa alasan, karena setelah melakukan operasi seseorang perlu istirahat yang cukup untuk memulihkan kembali keadaannya seperti dahulu.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Katarak

Sekilas tentang mata katarak

Katarak adalah kondisi dimana lensa mata menjadi keruh dan berawan. Penderita katarak akan merasa seperti melihat jendela berasap. katarak juga terdapat beberapa jenis yang penyebab dan gejala nya berbeda-beda. Sebagian besar katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Namun lama kelamaan, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pasien sulit melakukan aktivitas.

Penyakit katarak merupakan kondisi mata yang umum terjadi. Kondisi ini biasanya terjadi pada laki-laki dan perempuan yang sudah berusia lanjut. Katarak ini dapat terjadi pada satu atau kedua mata namun tidak dapat menyebar dari satu mata ke mata yang lain.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Katarak

Saat keadaan katarak sudah mengganggu aktifitas mata maka perlu di lakukan operasi. Namun, apakah setelah operasi penderita merasa lega? Tidak sepenuhnya penderita bisa merasa lega karena ada Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Katarak, diantaranya:

  1. Olahraga berat

Melakukan olahraga pasca operasi dapat menimbulkan tubuh menjadi tegang dan hal ini berpengaruh pada kesehatan mata anda. Pasca melakukan operasi hindari lari maraton dalam jarak yang jauh. Anda hanya dibolehkan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi disekitar rumah.

Terutama anda jangan melakukan olahraga keras seperti tinju, pencak silat, karate, karena memungkinkan mata anda terkena pukulan atau benturan yang pastinya hal ini berpengaruh buruk bagi kesehatan mata anda.

  1. Aktivitas berat

Istirahatkan tubuh anda dengan menghindari aktifitas-aktifitas yang sangat berat seperti membawa barang berat, serta hindari untuk membungkuk kan badan. Karena itu akan sangat beresiko

  1. Berenang

Pasca melakukan operasi hindari kebiasaan berenang atau berendam di pemandian air panas.  Hal ini dikarenakan air yang masuk ke dalam mata dapat menyebabkan infeksi dan sangat berpengaruh buruk pada proses pemulihan. Lindungi mata anda dari masuknya air bahkan saat mandi sekalipun, sekitar tiga hari pasca operasi dilakukan.

  1. Menggosok Mata

Pasca operasi hindari kebiasan menggosok mata karena tangan adalah bagian tubuh yang menyimpan banyak bakteri yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi, bahkan jika tangan anda sudah dicuci dan dipastikan bersih sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini.

  1. Jangan berkontak langsung dengan hewan peliharaan

Saat bermain dengan hewan peliharaan ada kemungkinan bulu peliharaan anda rontok dan bisa saja masuk ke bagian mata, maka dari itu untuk sementara istirahatkan diri anda dari bermain dengan hewan peliharaan dalam jangka waktu penyembuhan mata anda.

  1. Make up mata

Pasca operasi untuk sementara hindari penggunaan make up terutama dibagian sekitar mata yang diberikan tindakan operasi, hingga mata sudah terasa pulih. Untuk penggunaan make up pada mata dibagian sekitar mata pasca operasi, sebaiknya pasien konsultasi dengan dokter ahli.

  1. Menyetir

Ketika menyetir seseorang diharuskan untuk terfokus pada jalanan dan ini akan menyebabkan mata menahan beban berat jadi hindarilah mengemudi pasca operasi, ini berupaya untuk menghindari mata bekerja terlalu keras. Disisi lain kurangi juga intensitas penggunaan gadget terutama komputer terlalu lama dan juga membaca ditempat gelap,

Aktivitas-aktivitas yang sekilas biasa ini akan membuat mata anda bekerja keras karena harus fokus pada satu titik dan memaksakan mata untuk bisa membaca buku dengan jelas di tempat yang gelap. Karena memang seharusnya mata tidak mendapat beban berat agar dapat cepat sembuh pasca operasi.

  1. Rokok

Nah, biasanya pada kasus ini seseorang sangat sulit untuk tidak melakukannya. Rokok sudah menjadi kebiasaan yang paling umum. Perokok aktif dapat berpotensi lebih tinggi untuk terkena katarak dibandingkan mereka yang bukan perokok, bahkan peluang munculnya katarak akan terus meningkat jika penderita terus merokok.

Itulah Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Katarak, untuk membantu mempercepat penyembuhan. Pasca operasi pasien boleh melakukan kegiatan sehari-hari tetapi lakukan kontrol mata secara rutin. Jangan lupa cuci tangan sebelum memberikan obat apapun untuk mata anda.

Disisi lain anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan pilihan yang sehat seperti ikan salmon, bayam, kedelai, makanan yang mengandung vitamin e dan betakaroten. Makanan tersebut sangat baik untuk asupan bagi anda yang sedang pemulihan pasca operasi katarak

Itulah informasi mengenai Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pasca Operasi Katarak, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan lekas membaik;)

Posted by:

Obat Mata Katarak Alami

1 Trackback / Pingback

  1. Manfaat Daun Sirih Untuk Mata Katarak - OBAT MATA KATARAK TANPA OPERASI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*