Gejala Utama Ablasio Retina Yang Perlu Kamu Ketahui

Gejala Utama Ablasio Retina Yang Perlu kamu Ketahui ,- Gejala Ablasio Retina ini belum terlalu banyak diketahui oleh masyarakat. Sehingga ketika terjadinya suatu gejala, mereka mengabaikannya begitu saja. Sebelum kita lanjut ke Gejala Ablasio Retina, baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Ablasio Retina.Gejala Utama Ablasio Retina Yang Perlu Kamu KetahuiAblasio retina adalah suatu gangguan pada mata yang terjadi ketika retina (lapisan jaringan di belakang mata yang memproses cahaya) terlepas dari jaringan yang ada disekitarnya. Ini merupakan salah satu gangguan mata yang serius karena bisa menyebabkan kebutaan.

Kebutaan bisa terjadi karena retina tidak bekerja dengan baik, penderita ablasio retina akan mengalami kehilangan penglihatan yang permanen jika pasien tidak diobati dengan cepat dan tepat.

Ablasio retina terjadi ketika vitreous (material normal pada bola mata berbentuk cairan kental) menorobos masuk melalui lubang yang disebabkan oleh robekan retina. Kemudian vitreous akan terkumpul di bawah retina.

Semakin banyak robekan, maka vitreous akan semakin menumpuk dan akhirnya akan menyebabkan retina terlepas dari jaringan penyokongnya. Area dimana retina terlepas dari jaringan di sekitarnya akan kehilangan suplai darah dan menyebabkan bagian ini berhenti bekerja sehingga penglihatan akan hilang.

Penyebab Ablasio Retina dan Faktor Risikonya

Ada beberapa individu yang memiliki risiko lebih tinggi untuk terjadi ablasio retina dibanding individu lainnya antara lain :

  • Individu yang mengalami rabun jauh yang sangat berat.
  • Individu yang pernah mengalami luka atau jejas yang berat pada mata atau mengalami riwayat operasi katarak sebelumnya.
  • Riwayat keluarga mengalami ablasio retina.
  • Berusia lebih dari 50 tahun.
  • Individu yang mengalami peradangan atau penyakit mata lainnya.

Ablasio retina terjadi sebagai hasil dari :

  • Vitreus yang makin menurun
  • Adanya jejas atau luka pada mata
  • Komplikasi dari diabetes.

Gejala-Gejala Utama Ablasio Retina

Penyakit ini dibedakan menjadi dua macam yaitu sebagai berikut ini :

  • Ablasio retina traksi.
  • Ablasio retina eksludatif.

Kedua jenis penyakit dari ablasio mata ini biasanya merupakan turunan dari penyakit lainnya yang sudah sampai menjalar ke dalam daerah mata. Oleh karena itu jika anda mengalami suatu penyakit sebaiknya untuk segera memeriksakan diri karena bisa jadi hal itu bisa sampai dengan mengganggu penglihatan mata anda. berikut ini gejala ablasio retina yang harus anda ketahui  :

  1. Floaters

Para penderita biasanya akan mengalami penglihatan floaters. Floaters merupakan keadaan dimana akan terlihat benda yang dilihatnya menjadi melayang-layang. Hal ini dikarenakan adanya kejadian mengkeruhnya bagian vitreus akibat masuknya darah ke dalam bagian viterus. Pasien juga akan melihat benda dimana benda itu berubah menjadi dua seperti orang yang terkena minus.

  1. Photopsia

Penderita juga akan mengalami photopsia atau yang disebut juga sebagai light flash. Kondisi ini ditandai dengan adanya sebuah kedipan ringan namun efeknya akan seperti melihat sebuah kilatan cahaya di depan mata. Biasanya kedipan ini sangat mengganggu dan bisa membuat penderita menjadi silau dan kaget tanpa ada sebab yang jelas.

Photopsia juga bisa terjadi pada orang yang kurang tidur dan kelelahan, mata yang lelah akan sering melihat kilatan cahaya atau bayangan hitam. Oleh sebab itu untuk menjaga mata tetap sehat diharapkan jangan sering bergadang karena efeknya sangat buruk.

  1. Mata Seperti Tertutup Tirai

Kondisi atas gejala dari penyakit ablasio retina ini juga ditandai dengan keadaan mata yang tertutup seperti tirai yang semakin lama semakin luas. Penglihatan pada keadaan ini semakin menurun drastis sehingga mengganggu pandangan. Apalagi jika semakin banyak bagian retina mata seperti tertutup tirai.

  1. Munculnya Parabola

Di dalam mata penderita juga akan terjadi seperti layaknya parabola yang menutupi bagian mata. parabola ini mirip dengan penderita katarak yang di bagian matanya terdapat bagian putih menutupi bagian mata yang hitam.

Nah itulah Gejala Utama Ablasio Retina Yang Perlu Kamu Ketahui, Apabila anda mengalami gejala-gejala tersebut segera hubungi dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Pengobatan Ablasio Retina

Setelah anda melakukan diagnosa mata dengan dokter spesialis mata dan penyakit mata anda adalah ablasio retina maka diperlukan langkah pengobatan yang tepat. Pengobatan akan menyesuaikan dengan penyebab dari penyakit tersebut.

Pengobatan juga akan dilakukan dengan melihat kondisi kesehatan yang sedang anda miliki, misalnya jika anda sedang mengalami penyakit lainnya juga harus dipertimbangkan apakah pengobatan tersebut akan memperparah penyakit lainnya tersebut atau tidak.

Berikut ini adalah beberapa prosedur pengobatan yang bisa dilakukan oleh pasien ablasio retina mata :

  • Operasi

Operasi kebanyakan menjadi pengobatan medis untuk mengatasi berbagai macam penyakit mata khususnya katarak. Operasi ablasio retina menyesuaikan dengan luas atau tidaknya area retina yang terkena hal tersebut. Operasi juga akan melihat seberapa tingkat keparahan dari penyakit ablasio mata yang diderita. Namun dari keseluruhan jenis operasi biasanya akan menuju pada satu hal yaitu mendekatkan bagian retina mata dan lensa mata supaya tetap melekat karena bagian pelekatnya mengalami sobekan dan gugur.

Pada prosedur ini bisa menggunakan bantuan silicon untuk mengeratkannya. Operasi juga akan menghilangkan jaringan parut yang sudah robek dan rusak sehingga tidak akan memperparah keadaan lagi nantinya.

  • Prognosis

Pengobatan prognosis ini dilakukan setelah prosedur operasi dilakukan. Jadi, setelah retina mata dan lensa mata sudah berhasil didekatkan kembali seperti sedemikian rupa maka yang akan menjadi pertanyaan adalah apakah penglihatan akan menjadi lebih baik atau tidak? Penglihatan biasanya akan pulih dalam waktu 6 bulan lamanya setelah operasi dilakukan.

  • SEHAT MATA SOFTGEL

Sehat Mata Softgel adalah produk kesehatan herbal berkualitas yang mana secara khusus di formulasikan bagi anda yang ingin sembuh dari Penyakit Mata Ablasio Retina. KLIK DISINI untuk informasi lebih lengkapnya.

Terimakasih telah berkunjung pada artikel Gejala Utama Ablasio Retina Yang Perlu Kamu Ketahui yang pada kesempatan kali ini dapat saya ulas, semoga bermanfaat dan menjadi jalan kesembuhan bagi anda.

Posted by :

Obat Ablasio Retina

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*