Gejala Penyakit Mata Katarak

Gejala  Penyakit Mata Katarak

Gejala Penyakit Mata Katarak,- Katarak adalah penyakit yang menyerang organ mata dan bisa terjadi pada salah satu mata atau dua mata sekaligus. lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total.

Gejala Penyakit Mata Katarak

Pada umumnya mata yang sehat memiliki bagian lensa normal yang bisa menjadi jalan masuknya cahaya hingga ke bagian belakang mata. tapi kondisi ini tidak bisa terjadi untuk penderita katarak. Dalam perkembangannya katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan pengerasan lensa.

Penyakit katarak merupakan penyakit yang banyak terjadi pada orang lanjut usia. Laki-laki dan perempuan bisa terkena katarak. biasanya terbentuk secara perlahan dan menyebabkan sedikit gejala sampai mereka penglihatannya sudah mulai menurun. Berikut beberapa gejala penyakit mata katarak:

  1. Penglihatan menjadi silau

Pada tahap ini mata yang terkena katarak tidak tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Orang yang terkena penyakit katarak biasanya akan merasa sangat sakit apabila matanya terkena cahaya atau lampu

  1. Melihat cincin di sumber cahaya

Dalam kondisi seperti ini, apabila mata sudah melihat ada banyak cincin di sumber cahaya, maka itu adalah pertanda mata yang terkena katarak. kondisi ini terjadi karena cahaya yang masuk ke bagian mata menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya.

  1. Pandangan mata mulai kabur

Penderita penyakit mata katarak biasanya merasakan penglihatan mulai kabur yang terlihat seperti gangguan mata minus atau gangguan lain. Pada awalnya gejala ini bisa diatasi setelah memakai kacamata, tapi tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Pandangan mata akan tetap kabur dan tidak bisa diatasi dengan kacamata.

  1. Penglihatan mata menguning

Seseorang yang terkena ciri-ciri mata katarak akan merasa beberapa bayangan yang tertangkap lensa mata memiliki warna kuning. Beberapa penderita katarak pada awalnya akan melihat warna televisi atau layar komputer mengalami perubahan. Hal ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke lensa menyebabkan semua warna tidak tertangkap dengan baik.

  1. Gambar menjadi ganda

Semua orang yang terkena penyakit katarak  akan melihat bahwa semua objek pandangan menjadi dua atau ganda. Kondisi difraksi yang terjadi pada bagian lensa yang menyebabkan pandangan mata tidak terlihat dalam ukuran dan bentuk yang sebenarnya. Untuk pengujian hal ini bisa dilakukan dengan menutup salah satu mata secara bergantian, jika kondisinya tetap sama  maka kemungkinan besar itu adalah gejala awal pada mata.

  1. Terdapat lukisan / keruh atau berkabut pada mata

Pada awalnya ciri-ciri mata katarak akan terbentuk dalam ukuran yang sangat kecil. Namun pada saat itu biasanya pandangan mata akan sedikit kabur. Bila dibiarkan dalam waktu yang lebih lama maka pandangan akan semakin kabur, terlihat awan pada mata dan gelap. Terdapat lapisan kuning atau coklat.

  1. Warna memudar

Katarak juga membuat warna obyek memudar. Sebab keruhnya lensa menjadi warna yang asli tampak lebih muda. Biasanya jika penderita terlalu lama terfokus pada warna benda, yang terlihat justru kuning, sebab urat retina yang sudah menguning.

  1. Nyeri pada sekitar mata

Penderita merasakan nyeri dan ngilu di areal matanya. Ia juga sering merasakan sakit kepala. Sehingga pengaruhnya disekitar tubuh bagian atas atau kepala.

Pada gejala awal, mata yang terkena katarak akan terlihat lebih kuning atau coklat. Kondisi ini akan menyebabkan penderita katarak tidak bisa melihat secara jelas saat malam hari.

Penyebab Mata Katarak 

Penyebab paling sering pada katarak yaitu penuaan atau trauma yang menyebabkan perubahan pada jaringan mata. katarak akibat penuaan dapat terjadi melalui 2 hal, yaitu :

  • Protein menggumpal pada lensa mata. Hal ini menyebabkan benda telihat kurang jelas dan kurang tajam.
  • Lensa yang jernih secara perlahan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Inilah membuat mata menjadi berwarna kuning kecoklatan.

Sebagian besar lensa terdiri dari air dan protein . dengan bertambahnya usia, lensa menjadi semakin tebal dan tidak fleksibel. Hal ini menyebabkan gumpalan protein dan mengurangi cahaya yang masuk ke retina, sebuah lapisan yang sensitif terhadap cahaya yang terletak dibelakang dalam mata anda. Inilah yang menyebabkan pandangan kabur dan tidak tajam.

Jenis-jenis Mata Katarak

  • Katarak kongenital

Katarak kongenital biasanya terjadi pada bayi setelah lahir. Kondisi ini juga bisa berkembang untuk untuk anak-anak  hingga remaja. Gejala katarak ini disebabkan karena ada kelainan kromosom dari orangtua yang menyebabkan katarak kecil yang berkembang menjadi luas.

  • Katarak pada usia lanjut

Katarak ini menyebabkan orang yang lebih tua tidak bisa melihat dengan jelas.  Pada awalnya penderita katarak masih bisa melihat dengan bantuan kacamata dan cahaya yang lebih terang. Namun pada tahap yang lebih lanjut maka katarak bisa berkembang lebih cepat dan menyebabkan gangguan penglihatan parah.

Apakah Katarak Bisa Dicegah?

Banyak orang yang merasa takut akan terkena katarak, mengingat ada banyak jutaan penderita katarak baru yang terus berkembang. Orang-orang yang memiliki resiko tinggi terkena katarak mungkin memang memiliki angka yang cukup besar untuk terkena katarak. tapi selalu ada cara  agar kita bisa merawat mata agar tidak terkena katarak.

Berikut dibawah ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan mata agar tidak terkena katarak.

  • Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Jenis makanan yang disarankan adalah seperti jeruk, wortel, pepaya, sayuran hijau, dan kacang kacangan.
  • Jaga pola dan gaya hidup yang baik seperti tidak mengkonsumsi alkohol maupun rokok. Bahkan asap rokok yang pekat juga bisa mengganggu mata sehingga anda bisa menjauhkan diri dari asap rokok agar tidak terkena katarak.
  • Jika anda keluar pada siang hari, maka lindungi mata dengan memakai kacamata. Kacamata akan melindungi lensa mata dari paparan sinar matahari yang cukup tajam.
  • Batasi makanan manis yang bisa memicu penyebab diabetes. Diabetes selalu menyebabkan ciri-ciri mata katarak. bahkan bisa menjadi ancaman kebutaan permanen yang serius. Untuk mengatasi hal ini maka anda harus terus mempertahankan gaya hidup yang sehat.

Sayangi mata anda karena mata adalah organ tubuh yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Jika mata rusak/bermasalah pastinya akan membuat kita susah beraktivitas.

Sekian artikel Gejala penyakit Mata katarak yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terimkasih telah berkunjung 🙂

Posted by: 

Obat Mata Katarak Tanpa Operasi 100% Manjur

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*